Rabu, 29 Mei 2013

**Kompetensi Humas Pemerintah**

www.nomor2.blogspot.com


Pertama, Communicative, pasti dong Humas harus bisa berkomunikasi secara lengkap baik secara verbal maupun tulisan, bisa berbicara yang santun, berwawasan, nyaman didengarkan, tidak menyinggung lawan bicara disi lain mampu menuangkan dalam bentuk tulisan yang menarik, berbobot dan tentunya memiliki nilai berita. Karena ternyata gaya penulisan humas birokrat dengan media berbeda, disini diperlukan ‘fast learning’ dari rekan-rekan birokrat untuk menyelami dan memahami tulisan apa yang diperlukan oleh media, sehingga rilis yang telah dibuat dan sebarkan tidak terbuang percuma.

Kedua, Leadership skill,
kemampuan memimpin dan bijaksana menjadi penting karena humas akan berhubungan dengan orang banyak dari berbagai kalangan, strata serta aneka kepentingan. Kemampuan memimpin akan terasah dan teruji oleh waktu dimana modal dasar menjadi pemimpin yang baik adalah ‘jadilah bawahan yang baik’, secara bertahap tapi pasti kemampuan memimpin itu muncul serta didukung oleh perilaku yang tidak emosional dan penuh pertimbangan dan bertindak dan berperilaku.

Ketiga, Make Friends, Fleksibel dalam bergaul, luwes dan mudah menyesuaikan dalam berbagai kondisi menjadi bagian yang penting yang sebaiknya dimiliki oleh humas, serta tidak memilih teman, baik dari unsur media sebagai mitra, atasan bawahan dalam mekanisme sistem juga hubungan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat.

Keempat, Social Network, punya jaringan dari berbagai kalangan. Dari keluwesan tadi tentunya membuat diterima oleh berbagai kalangan dan akan menjadi bagian tertentu yang didasari oleh berbagai hal seperti kesamaan hobby, kesamaan tujuan bisa juga kesamaan nama, jaringan pribadi ini harus dipelihara dan dipupuk dengan saling percaya, saling mendukung dan kerjasama dalam suka dan duka.

Kelima, Credibility, tentu harus bisa dipercaya dan diterima oleh semua pihak, karena dengan kepercayaan maka akan saling menghormati saling menghargai serta hubungan keberlanjutan yang abadi.

Keenam, Plenty of ideas, memiliki imajinasi kuat, kreatif dan inovatif. Dalam dunia kehumasan dituntut untuk mampu berimajinasi, kreatif dan inovatif dalam bertindak karena tuntutan jaman yang kian dinamis dan sulit ditebak, serta kompetisi yang mengarah menjadi persaingan terbuka dalam berbagai kesempatan sehingga kreatif dan inovatif menjadi syarat penting dalam mengoptimalkan fungsi pekerjaan.

Ketujuh, Anytime and Anywhere, tidak berhitung waktu dan tempat kerja. Sehingga muncul istilah cowok atau cewek panggilan dalam arti positif yaitu siap dipanggil mengerjakan tugas kapanpun, meski sekat jam kerja sampai jam 4 sore tetapi fungsi humas berlaku 24 jam malah harus bisa menyesuaikan dengan ritme kerja dari media seperti deadline itu malam hari sekitar jam delapan sementara waktu yang lain digunakan untuk mencari berita. Tentu diperlukan keikhlasan dan komitmen sehingga dapat menikmati ritme pekerjaan dan menghasilkan prestasi yang mengagumkan.

Kedelapan, Technological Literacy, Melek teknologi tidak Gaptek. Syarat ini terakhir dan terkadang diabaikan,  dengan alasan gaptek (gagap teknologi), padahal selama ada keinginan belajar maka tidak akan sulit kita menjelajah dunia maya, internet, email, blog dan sosial media. Sehingga sangat wajar menjadi prasyarat penting jika aparat humas memiliki email, Facebook, twitter, plurk, path, instalgram, line, whatsaps, wechat, kakaotalk, google+, karena jaman terus bergerak dan kemajuan teknologi informasi begitu pesat, maka harus ditandingi dengan belajar cepat mengejar ketertinggalan.

(Keterangan gambar :....  
Humas harus bisa berkomunikasi efektif sehingga "Harimau" pun bisa bersahabat dekat dan berpelukan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar