Sabtu, 20 Februari 2016

Sejarah LKM di Jawa Barat (4)

Meskipun masih banyak yang harus diceritakan tetapi sementara dipercepat untuk bercerita pada sesi yang membahagiakan dan menjadi awal yang indah untuk meraih kesuksesan di masa depan dengan menghadapi segala tantangan.

Singkat cerita setelah berjibaku dan berjuang dengan penuh dedikasi dan kerjasama yang apik diantara para pengurus pendiri PT Lembaga Keuangan Mikro yang mayoritas adalah pengurus eksisting yaitu Dewan Pengawas dan Pimpinan PDPK, maka di akhir bulan Desember 2015 telah terbit keputusan surat dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia yang mengesahkan perubahan bentuk hukum dari perusahaan daerah menjadi perseroan terbatas yaitu :

1. PDPK Karawang menjadi PT LKM Karawang 
2. PDPK Cianjur menjadi PT LKM Ahlakul Karima
3. PDPK Garut menjadi PT LKM Garut
4. PDPK Pancatengah menjadi PT LKM Pancatengah
5. PDPK Jatiluhur menjadi PT LKM Mekar Asih
6. PDPK Sumedang menjadi PT LKM Sumedang
7. PDPK Sukabumi menjadi PT LKM Sukabumi
8. PDPK Cidolog menjadi PT LKM Ciamis
9. PDPK Kuningan menjadi PT LKM Kuningan
10.PDPK Bogor menjadi PT LKM Bogor

Termasuk PDPK di wilayah Provinsi Banten yaitu PDPK Tangerang, Serang, Lebak dan Pandeglang yang mengerucut menjadi 4 (empat) PT LKM.

Selanjutnya semua PT LKM mengajukan permohonan pengukuhan kepada Otoritas Jasa Keuangan untuk mendapatkan surat ijin usaha berdasarkan POJK No.12/POJK.05/2014 sebelum deadline tanggal 8 Januari 2016.

Alhamdulillah hingga minggu pertama bulan februari 2016, telah terbit Surat Ijin Usaha dari Otoritas Jasa Keuangan kepada beberapa PT LKM dan sisanya masih dalam proses pengiriman via pos.

Perjuangan panjang menuju lembaga yang memiliki legalitas dan ijin usaha sudah selesai, meskipun masih berstatus ijin bersyarat karena ada beberapa berkas yang belum dipenuhi. Selanjutnya tantangan terbentang untuk menumbuhkembangkan lembaga keuangan mikro ini untuk lebih baik, lebih maju dan lebih bermanfaat bagi semua pihak... terharu deh.

...... catetatan :
Klo yang masih perlu info tentang Elka'em bisa juga di buka di :
Sejarah LKM di Jawa Barat (1)
Sejarah LKM di Jawa Barat (2)
Sejarah LKM di Jawa Barat (3)
Apakah Lembaga Keuangan Mikro itu?
Asas & Tujuan LKM
Awal Transformasi PDPK menjadi PT LKM
Proses Transformasi PT LKM tahap 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar