Senin, 14 November 2016

Canindiri 141116

sumber : menuliskreatif-com
Asswrwbr
Selamat Pagi,
Sampurasuun...

Senin pagi yang cerah dan suasana yang menyegarkan ditambah punya kesempatan bersua dengan keyboard sebeum agenda hari ini dimulai. Begitu sayang waktu yang 24 jam ini jika terlewat percuma, itu juga yang menyemangati jari ini kembali menari untuk merangkai kata menyusun kalimat yang mungkin bisa bermakna.

Malam baru saja berganti dini hari disaat kumandang adzan awal dan alarm handphone menyadarkanku. Tanpa banyak bernegosiasi dengan guling dan bantal segera menyambar handu dan bercengkerama dengan kamar mandi meskipun hanya singkat karena waktu seakan terus berlari. Beberapa saat kemudian telah otewe menuju kantor yang berjarak sekitar 15 kilometer melewati tol pasteur yang begitu lengang. sang kaki bisa bersuka ria memacu gas kendaraan, meskipun tetapi tidak melewati batas yang ditentukan.

Alhamdulillah, bisa datang tepat waktu ke halaman Mesjid AlMuttaqin. Absensi diisi sebagai kewajiban administrasi dan selanjutnya bergabung dengan rekan-rekan yang telah bersiap untuk shalat shubuh berjamaah dilanjutkan pengajian yang rutin dilakukan setiap senin pagi. Ceramah agama disampaikan oleh Gubernur Jawa barat, Ahmad Heryawan.

Nah judulnya 'Canindiri' itu singkatan dari Catatan senin dini hari, maaf klo maksa, tapi itulah gunanya singkatan kata, agar menarik dan mudah diingatnya. 

Ceramah yang menarik membahas tentang sebuah mekanisme illahiyah yang berlagu bagi umat manuasia untuk senantiasa memperbaiki diri agar berada di jalan yang lurus, merupakan proses untuk mensucikan kotoran-kotoran jiwa dan tentunya sebagai ajang untuk memperoleh ampunan dari Allah Subhanahu Wataala. Mekanismenya terbagi menjadi 4 bagian dan diatur oleh jangka waktu dari mulai seumur hidup,tahunan, mingguan dan harian.

Mekanisme seumur hidup adalah dengan melaksanakan ibadah haji, dimana kewajiban umat islam adalah 1 kali seumur hidup dan itupun jika mampu atau dimampukan oleh Allah.

Mekanisme Tahunan adalah melalui pelaksanaan ibadah shaum/puasa di bulan Ramadhan yang dilaksanakan rutin setiap tahun.

Sementara mekanisme mingguan adalah pada hari jumat, karena di hari jumat ini adalah ibadah rutin mingguan yaitu pelaksaan sholat jumat. Hari jumat juga adalah rajanya hari, jadihari raya umat islam sangat banyak dan cara perayaannya tentu dengan beribadah lebih banyak, lebih baik dalam pelaksanaannya dan tentu harus lebih ikhlas. Hari jumat ini juga memiliki rahasia yang sangat prestisius dari sisi dikabulnya ibadah, karena ada waktu tertentu yang tidak diberitahukan oleh Allah SWT adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, waktunya antara magrib hari kamis hingga waktu magrib hari jumat karena umat islam berpedoman pada kalender komariyah. mirip dengan waktu turunnya lailatul qodar di bulan ramadhan yang tidak disebutkan pasti kapan waktunya, jadi perbanyaklah ibadah di hari jumat ini.

Dan terakhir adalah mekanisme harian yaitu shalat fardhu lima waktu yaitu Magrib, Isya, Shubuh, Dhuhur dan Asyar. 

Mekanisme Illahiyah ini tentunya akan efektif membersihkan dosa-dosa kita, mendapatkan ampunan dari Allah SWT manakala menghindari dosa-dosa besar. Dosa-Dosa besar itu adalah dosa yang diancam pidana berat di dunia dan dituntut di hari akhir serta akhirat. Bapak Aher menyebutkan bahwa para ulama akan menyampaikan bahwa yang paling pokok dari dosa besar itu adalah 'urusan perut dan urusan dibawah perut' atau kita istilahkan 'harta dan seksual' dimana dari sisi tindakannnya adalah mencuri dan berzinah. Tentu perilaku koruptif masuk ke dalam jenis mencuri. dua hal ini yang menjadi muara secara umum dari perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia.

Cerita canindiri berlanjutt yaa...

Hadirnya sebuah negara memiliki 3 tujuan utama, yang pertama adalah menghadirkan penghambaan kepada Allah SWT Tuhan Sang Maha Pencipta. meskipun pada intinya bukan hanya tugas negara untuk mengajak orang lain dalam penghambaan ini, tetapi menjadi tugas setiap individu yang disebut sebagai fungsi da'i. jadi bukan ualama saja yang disebut da'i tetapi setiap individu memiliki kewajiban tersebut.

Tujuan kedua hadirnya negara adalah menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakatnya yang secara implementasi di dunia khususnya di jepang dan eropa serta amerika dalam bentuk jaminan sosial bagi rakyatnya. Indonesia masih menuju ke situ karena berbagai faktor yang ada.

dan ketiga, kehadiran negara adalah menghadirkan rasa aman bagi rakyatnya.

ada beberapa bahasan lagi diantaranya tentang bencana dan sunnah kauniah, tapi ternyata waktu apel senin pagi telah tiba. jemari terpaksa berpisah dengan keyboard yang ada.

wassalam

@andriekw

SHBH141116
        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar